MATERI

PENGERTIAN PEMASARAN ONLINE


Pengertian Pemasaran Menurut Philip Kotler: Pemasaran adalah suatu proses sosial individu dan kelompok dalam mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan yang lain.

Pengertian Pemasaran Menurut W. Stanton: Pemasaran adalah suatu sistem total dari aktivitas-aktivitas bisnis yang ditujukan untuk membuat rencana, menetapkan harga , meningkatkan penjualan, dan mendistribusikan produk-produk supaya memuaskan konsumen, baik yang sudah menjadi pelanggan maupun yang akan menjadi pelanggan,

Kesimpulan Pengertian Pemasaran: Pemasaran adalah suatu keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan  harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan, baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

Pengertian Pemasaran Online Menurut Amstrong dan Kotler (2004:74): Pemasaran online adalah sisi pemasaran dari e-commerce yang terdiri atas kerja dari perusahaan untuk mengkomunikasikan, mempromosikan, dan menjual barang atau jasa melalui internet.

Pengertian Pemasaran Online Menurut Boone dan Kurtz (2005): Pemasaran online adalah salah satu komponen dalam e-commerce dengan kepentingan khusus oleh marketer, yaitu strategi proses pembuatan, pendistribusian, promosi, dan penetapan harga barang dan jasa kepada  pangsa pasar internet atau melalui peralatan digital lain.

Kesimpulan Pengertian Pemasaran Online: Pemasaran Online adalah proses menjual produk atau jasa menggunakan media internet atau jaringan, artinya kegiatan pemasaran yang dilakukan secara elektronik lewat internet atau jaringan cyber.


Komponen Pemasaran Online
1.Website adalah kumpulan halaman halaman yang saling terkait dan masing-masing halaman dihubungkan dengan hyperlink.

2. Email Marketing berfungsi menjaga hubungan baik dengan klien atau prospek bisnis sehingga tetap terlintas di pikiran mereka saat mereka membutuhkan sesuatu.

3. Konten Marketing merupakan alat untuk menarik prospek dan pelanggan potensial ke website,toko online, dan blog.

4. Sosial Media Marketing adalah sebuah media online yang para penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi, meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual.















5. Search Engine Optimization (SEO) adalah Mesin pencari merupakan tempat pertama pelanggan mencari informasi bisnis, produk atau jasa sebelum memutuskan membelinya.

6. Online Public Relations (O-PR) adalah kegiatan PR yang menggunakan internet sebagai media komunikasi.

7. Online Advertising adalah metode periklanan menggunakan world wide web dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) untuk menarik pelanggan.

8. Conversion adalah teknik memetakan kunjungan sebuah website atau toko online,




Kelebihan pemasaran online adalah :
1. Buka 24 jam.
Sebuah toko fisik atau konvensional biasanya hanya buka beberapa jam saja misalkan dari jam 9 pagi sampai jam 10 malam, di luar jam itu pembeli yang ingin melakukan transaksi tidak bisa terlayani lagi. dengan menggunakan toko online hal itu bisa teratasi. Sebuah toko online mampu menggelar dagangan 24 jam penuh.

2. Easier and faster to find anything.
Proses mencari barang dapat dilakukan secepat kilat dari manampun asal tersedia koneksi internet, dan dapat dilakukan dari mana saja.

3. Proses pembadingan harga dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat tinggal membuka beberapa toko online dibandingkan harus mendatangi toko konvensional satu persatu.

4. Low investment.
Untuk mempunyai toko online biasanya modal yang diperlukan sangatlah jauh daripada kita harus membuka toko konfensional. Hanya perlu domain dan hosting. tanpa perlu menyewa tempat (seperti toko konvensional). Tanpa perlu untuk meng-hire / membayar karyawan. Dan asiknya lagi tanpa harus mempunyai barang yang dijual atau ditawarkan.


Kekurangan pemasaran online adalah :
1. Unable cash and carry.
Barang yang dibeli melalui toko online biasanya tidak langsung sampai ke tangan si pelanggan karena harus menunggu beberapa jam atau beberapa hari tergantung letak toko online tersebut karena adanya proses pengiriman. Si pembeli juga cendrung merasa was was jika melakukan proses pembayaran terlebih dahulu dan juga kadang dibebani ongkos kirim.

2. Informasi tentang produk hanya berupa teks dan gambar.
Toko online biasannya hanya memasang text (penjelasan) dan gambar saja atau kadang juga berupa animasi. Hal ini juga menjadi kekurangan toko online karena di toko konfensional kita bisa memperhatikan detail daripada produk yang dijual secara detail.

3. Hanya menjangkau kalangan yang tahu internet.

4. Bagi sebagian orang, biaya internet mahal.

5. Tingkat keterbacaan cuma 50%, selebihnya diabaikan.

6. Selera Konsumen
setiap konsumen memiliki selera belanja yang berbeda. ada kalanya konsumen lebih senang berbelanja langsung dan banyak menghindari penipuan dan berberlanja diinternet.





Komentar